Biasakan Anak dengan Membaca

https://koperasipuldapii.com/artikel-181-biasakan-anak-dengan-membaca
blog-grid1
Orang tua sering kali menuntun anaknya untuk membaca, tetapi kebanyakan mereka lupa bahwa minatbaca tidak bisa satang dengan sendirinya. Minta baca bisa di pupuk dari dalam keluarga itu sendiri dan tugas orang tua adalah menutun anak-anaknya agar gemar membaca.
Peran orang tua dalam memperkenalkan membaca sejak dini merupakan hal yang sangat mendasar. Menciptakan suasana gemar membaca dalam keluarga dengan cara banyak melibatkan aktivitas sehari-hari dengan berhubungan dengan buku.

Manfaat yang Bisa Dipetik

Tidak semua orang pandai mendongeng dan hafal banyak dongeng secara lengkap. Jadi, mengapa tidak anda gunakan saja buku dongeng untuk mendongeng saja. Selain itu, anak akan terbiasa dan dibiasakan melihat benda yang berbentuk segi empat itu sebagai sumber infomasi dan sumber kesenangan. Disamping itu membaca mempunyai manfaat lain, yaitu Anda tidak cenderung menggunakan bahasa anak-anak, tetapi bahasa baku. Ini akan memperluas dan menambah kosakata anak juga.
Dengan membacakan buku kepada sang anak, Anda juga belajar berbahasa yang baik dan benar, karena biasanya ibu yang banyak di rumah, umumnya lebih banyak memakai bahasa daerah atau bahasa yang serig di ucapakan di kehudupan masyarakat. Biarpun anda seorang sarjana atau berpendidikan cukup, bila terus-menerus dalam suasana informal, Anda akan kaget betapa mundur dan jeleknya bahasa Anda bila suatu saat harus menghadapi suasana yang lebih formal.
Kalau Anda membiasakan diri mendongeng lewat buku atau membacakan buku untuk anak, makan mau tidak mau Anda akan sealu terlibat dengan buku. Oleh karena itu, Anda lama-lama akan tahu dan belajar mengenal dunia anak-anak yang mungkin sudah Anda lupakan. Anda juga anak terbiasa mengikuti atau mengetahui apa yang dibaca anak-anak.
Acara membacakan buku juga berfungsi sebagai “obat” penenang, karena biar bagaimanapun nakalnya anak, ia bisa duduk tenang hanya karena mendengarkan cerita. Mungkin mula-mula ia kurang memperhatikan dan mendengarkan cerita yang dibacakan, namun ia akan terbiasa nantinya. Nikmatilah suasana ini dengan rasa cinta dan syukur.

Perpustakaan Keluarga

Hal lain yang perlu Anda ajarkan pada anak adalah belajar merawat dan menyayangi buku. Kumpulkan, rawat, serta susun yang rapi buku-buku anak Anda sehingga mereka dengan mudah dapat menemukan kembali bila memerlukannya. Dengan demikian, mereka akan belajar dan terbiasa merawat serta mencintai buku sebagai benda yang berharga dan memerlakukannya dengan hati-hati. Koleksi bukunya mula-mula bisa disimpan di lemari buku di kamarnya. Setelah banyak, Anda perlu membuat sebuah perpustakaan keluarga tempat Anda bersama-sama bersantai. Jadi, bila memungkinkan, milikilah perpustakaan keluarga di mana semua buku dari semua anggota keluarga dikumpulkan, sehingga semua berkesempatan membaca buku yang beragam jenisnya. Isilah perpustakaan Anda dengan berbagai macam topik seluas mungkin. Bila Anda kebetulan membeli buku yang bagus untuk anak, sedangkan ia belum tertarik membacanya, jangan dipaksakan, tetapi simpanlah dalam perpustakaan keluarga. Dengan demikian, sumber informasi baru telah Anda siapkan untuk anak yang akan digalinya setiap saat.
Bila Anda terbiasa dengan bacaan yang beragam, anak pun akan memunyai minat terhadap bacaan yang beragam pula. Jadi, jangan salahkan anak bila hanya membaca satu jenis bacaan atau tidak sama sekali, karena itulah gambaran orang tuanya. Maka janganlah batasi jenis bacaan anak, baik yang masih kecil atau pun yang sudah remaja. Tetapi, kalau toh anak hanya membaca satu jenis buku saja, itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Selain itu, bila Anda biasa selektif dengan bacaan yang Anda berikan kepada anak, ia pun akan menjadi pembaca yang baik dan kritis di kemudian hari.
Sedikit demi sedikit, mereka akan mengetahui mana buku yang baik yang mereka sukai. Anda tak perlu lagi selalu membimbingnya. Bebaskan mereka memilih, sebab mereka tahu apa yang mereka pilih dan Anda tak perlu khawatir bahwa mereka akan salah memilih bacaan. Percayalah bahwa anak-anak bukanlah makhluk bodoh dan Anda tidaklah selalu lebih tahu dan lebih pandai dari mereka. Tak ada salahnya bila Anda ikut pula membaca bacaan mereka, karena Anda akan bisa mengikuti perkembangan anak, antara lain lewat bacaannya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Asal Usul Kertas

PROMO!!! Cetak Buku Tulis Berlogo Murah