Pengertian dan Tujuan Menulis

https://koperasipuldapii.com/artikel-178-pengertian-dan-tujuan-menulis
blog-grid1
Pernah menulis? Pasti pernah dong, apa lagi buat kalian yang masih melanjutkan studi. Tau arti menulis? Apakah itu menulis? Menulis adalah suatu kegiatan yang menghasilkan ide, pikiran dan suatu perasaan si penulis yang di uangkapkan dalam bahasa verbal. Dalam pengertian lain menurut Djuharie (2005 : 120) menulis merupakan keterampilan yang dapat dibina dan dilatih.
Tidak hanya para ilmuan yang mengemukakan pendapat tentang menulis, pengarang maupun penulis pun banyak yang menyampaikan pendapatnya tentang definisi menulis. Menurut Asma Nadia: Menulis adalah jalan terbaik untuk berbicara dan menyampaikan protes kepada puluhan ribu orang, bahkan ratusan ribu orang.
Menurut KBBI, pengertian menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisanMenulisberarti menuangkan isi hati si penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud hati penulis bisa diketahui banyak orang orang melalui tulisanyang dituliskan. Kemampuan seseorang dalam menuangkan isi hatinya ke dalam sebuah tulisan sangatlah berbeda, dipengaruhi oleh latar belakang penulis. Dengan demikian, mutu atau kualitas tulisan setiap penulis berbeda pula satu sama lain. Namun, satu hal yang penting bahwa terkait dengan aktivitas menulis, seorang penulis harus memperhatikan kemampuan dan kebutuhan pembacanya.
Menulis mempunyai tujuan, sebagai berikut:
  • Memberitahukan atau Menjelaskan: Tulisan yang bertujuan untuk memberitahukan atau menjelaskan sesuatu biasa disebut dengan karangan eksposisi.
  • Meyakinkan atau Mendesak: Tujuan tulisan terkadang untuk meyakinkan pembaca bahwa apa yang disampaikan penulis benar sehingga penulis berharap pembaca mau mengikuti pendapat penulis.
  • Menceritakan Sesuatu: Tulisan yang bertujuan untuk menceritakan suatu kejadian kepada pembaca disebut karangan narasi. 
  • Mempengaruhi Pembaca: Tujuan sebuah tulisan terkadang untuk mempengaruhi atau membujuk pembaca agar mengikuti kehendak penulis.
  • Menggambarkan Sesuatu: Sebuah tulisan digunakan untuk membuat pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sesuatu yang diceritakan penulis dalam tulisannya.

Comments

Popular posts from this blog

Asal Usul Kertas

Biasakan Anak dengan Membaca

PROMO!!! Cetak Buku Tulis Berlogo Murah