Pentingnya Membaca


https://koperasipuldapii.com/artikel-190-pentingnya-membacaBuku merupakan jendala ilmu atau jendela dunia. Buku juga sangat berperan dalam kehidupan manusia. Namaun, seringkali buku hanya dianggap sebagai sesuatu hal biasa yang tidak bernilai jika kita tidak membacanya. Maka dari itu, sangat penting untuk kita untuk melestarikan budaya membaca. Dengan membaca, ilmu kita akan bertambah dan dengan membaca kita dapat mengubah dunia.

Membaca sangat penting bagi setiap orang. Karena hal itu akan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi mereka yang melakukannya. Namun, kegiatan membaca ini masih belum banyak dilakukan oleh remaja. Hal ini memang menjadi keprihatinan banyak pihak, baik itu pendidikan, orang tua maupun jajaran pemerintah. Upaya membangun minat baca sudah di lakukan sejak lama dengan berbagai cara. Sayangnya, hal tersebut belum banyak membuahkan hasil.
Berdasarkan hasil survey lemabaga internasional yang bergerak dalm bidang pendidikan, United Nation Education Society and Cultural Organization (UNESCO), minat baca penduduk Indonesia jauh di bawah Negara Asia. Indonesia tampaknya harus banyak belajar dari Negara maju yang memiliki tradisi membaca yang cukup tinggi. Jepang, Amerika, Jerman dan Negara maju lainnya dengan kebiasaan masyarakat membaca bukunya, telah berimbas pada pesat peradabannya. Masyarakat Negara tersebut sudah menjadikan buku sebagai sahabat sendiri yang menemani mereka kemana pun dan kapan pun pergi. Kadang kita lihat bahwa buku tidak pernah lepas dari tangan mereka kala antri dimana saja.

Di Indonesia, kebiasaan ini belum tampak. Di zaman sekarang, remaja membaca buku apabila sedang membutuhkan sumber untuk mengerjakan tugas. Fenomena seperti ini juga sering terjadi pada seseorang mahasiswa sedang menyusun skripsi. Namun, ada bebrapa orang yang membaca karena hoby. Yaitu membaca novel, membaca novel merupakan sesuatu hal yang bagus namun alangkah baiknya yang di baca adalah buku-buku pengetahuan. Agar pengetahuan dan wawasannya lebih luas.
Akibat kurangnya budaya membaca, pola piker remaja yang praktis dan itu membuat mereka lebih mudah frustasi. Padahal, dengan membaca pola piker seseorang akan lebih terbuka dan banyak hal positif yang kita dapatkan. Namun, jangan salah pada zaman sekarang banyak hal negative dari membaca. Maka dari itu kita harus menghindari hal negative itu. Yang berkaitan dengan positif yang kita ambil. Agar kedepannya kita tidak salah dalam melakukan sesuatu.

Comments

Popular posts from this blog

Asal Usul Kertas

Biasakan Anak dengan Membaca

PROMO!!! Cetak Buku Tulis Berlogo Murah